Sunday, September 14, 2008

perangkat komputer

A. TOPOLOGI BUS
Topologi bus ada 2 macam, yaitu linear bus dan T-bus. Topologi menghubungkan beberapa komputer dengan sistem T atau dengan jaringan yang tersusun secara pararel . Jaringan ini memiliki keistimewaan, jika satu komputer mengalami gangguan, maka komputer yang lain tetap dapat dioperasikan dengan baik.

B. TOPOLOGI RING
Jaringan ini dikenal juga sebagai jaringan dari titik ke titik karena jaringan terhubung dari satu terminal ke terminal lainnya. Topologi ini merupakan perkembangan dari topologi bus dan terhubung secara serial. Keistimewaan dari jaringan ini adalah setiap komputer mempunyai kedudukan yang sama dan tidak memiliki pusat. Kelemahan dari jaringan ini adalah jika salah satu komputer mengalami gangguan, maka komputer yang lain juga tidak dapat beroperasi.

C. TOPOLOGI HIRARKI
Pada topologi hirarki, setiap hirarki jaringan tidak memiliki kedudukan yang sama, tetapi ada top dan down seperti diagram pohon, dan terminal menguasai kedudukan yang paling tinggi. Keunggulan dari topologi ini adalah data terpusat sehingga mudah untuk dikontrol. Kelemahan dari topologi ini adalah jika ada kerusakan pada jaringan yang lebih tinggi, maka jaringan dibawahnya tidak dapat beroperasi.

D. TOPOLOGI STAR
Topologi star menghubungkan setiap komputer langsung kepusat sehingga tidak perlu berhubungan dengan komputer lain. Keistimewaan topologi ini adalah cepat berhubungan dengan pusat ( server) sehingga kontrol data dapat dilakukan dengan cepat karena data terpusat di server. Tetapi, jika server mengalami kerusakan atau gangguan, maka semua komputer yang terhubung tidak dapat beroperasi.

E. TOPOLOGI MESH
Topologi ini menghbungkan semua komputer sehingga setiap klien atau komputer dalam jaringan mesh dapat berhubungan secara langsung. Topologi ini menjadi sedikit rumit jika komputer yang digunakan cukup banyak.



gambar menyusul

No comments: