Sunday, September 21, 2008

Basic Input Output System (BIOS)
Komputer melakukan booting dengan menggunakan file-file operating system dengan melakukan pengecekan terhadap semua hardware meliputi monitor, keyboard, mouse, harddisk, printer, CD room, disk drive, dan sarana pendukung lainnya, termasuk juga memori komputer. Kegiatan ini dapat dilakukan jika ada BIOS (Basic Input Output System)dan dalam kondisi tersetting dengan benar.
Jika setting BIOS komputer tidak sesuai dengan hardware yang terpasang, prose booting mengalami kegagalan atau jika berhasil komputer tidak beroperasi secara maksimal.setelah proses pengecekan BIOS selesai, akan diteruskan dengan pembacaan program sistem operasi.

Menjalankan Setup BIOS
Jika setup BIOS ada kesalahan dan mau diperbaiki, caranya pada saat komputer dihidupkan dan komputer sedang melakukan booting, tekan tombol DEL sehingga muncul setup BIOS.

Cara mengoperasikan dari setup BIOS adalah dengan menggunakan panah, pilih salah astu yang ada di setup. misalnya, jika akan memilih standar CMOS , caranya tinggal gerakan panah sampai ke pilihan standar CMOS , kemudian tekan ENTER, akan muncul menu yang selanjutnya. jika akan memilih Advanced BIOS Features, pilih Advanced BIos Features dan tekan ENTER maka akan tampil menu selanjutnya.

No comments: